Selasa, 30 September 2014

Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Gratis

Belajar bahasa Inggris dengan cepat dan gratis merupakan hal yang didambakan oleh banyak orang. Namun sayangnya, metode belajar yang tidak sesuai membuat belajar bahasa Inggris kita menjadi lama dan kita sulit menguasai bahasa Inggris tersebut. Selain itu, biaya pendidikan untuk kursus bahasa Inggris di tanah air kita juga tidak terlalu murah, sehingga memilih media belajar bahasa Inggris yang tepat sangatlah dibutuhkan.

Di era globalisasi ini, hampir seluruh lapisan masyarakat di tanah air kita sudah mengenal internet. Dari internet, kita bisa mendapatkan banyak hal positif, salah satunya sebagai media belajar bahasa Inggris gratis. Memang banyak sekali yang menawarkan situs belajar bahasa Inggris dengan cepat namun berbayar. Untuk itu, rajin melakukan surfing di internet merupakan kunci utama agar belajar bahasa Inggris gratis bisa kita capai. Meskipun gratis, kualitas pengajaran yang mereka berikan tidak kalah dengan situs berbayar. Bahkan pada beberapa situs, mereka juga mengajarkan komunikasi secara langsung, sehingga jika anda belajar bahasa Inggris anda juga akan diajak mempraktekkannya secara langsung. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan buat anda.

Kunci agar kita bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat yaitu:

1. Memiliki kemauan yang kuat untuk belajar bahasa Inggris.

2. Rajin menghapal minimal 10 kosakata setiap hari. Hal ini akan membantu anda menguasai hal baru setiap hari dengan cepat, dan membantu anda memahami bahasa Inggris dengan lebih baik.

3. Jangan membaca bahasa Inggris di dalam hati, tapi di luar kepala, hal ini akan membuat anda lebih mudah dalam menghapal bahasa Inggris

4. Rajin praktek percakapan dalam bahasa Inggris. Meskipun kita tidak memiliki partner dalam belajar bahasa Inggris, kita bisa mengucapkannya di depan cermin. Hal ini sangat baik buat memperlancar bahasa Inggris anda.

5. Rajin menonton tayangan berbahasa Inggris, entah itu musik, serial tv, ataupun berita. Usahakan semuanya dalam bahasa Inggris, karena semakin anda tidak memahami, jadikan tekat kuat untuk mencari tahu arti katanya.

Jika anda merupakan pengguna smartphone dengan basis android, disana telah banyak disediakan aplikasi belajar bahasa Inggris dengan cepat namun gratis, oleh karena itu silahkan mengunduh aplikasi –aplikasi tersebut, karena akan sangat bermanfaat untuk belajar anda.

Senin, 25 Agustus 2014

Model Pembelajaran Generatif

Model Pembelajaran Generatif - Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang tak boleh dilupakan dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Karena model pembelajaran berisi tentang banyak hal yang terkait dengan keefektifan sebuah kegiatan pembelajaran semisal adanya perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan adanya model pembelajaran yang baik maka sebuah kegiatan pembelajaran akan dapat berlangsung secara efektif dan sistematis. Saat ini, kita dapat menemukan banyak sekali model pembelajaran yang digunakan oleh para tenaga pendidik. Satu di antaranya yang akan kita bahas pada ulasan kali ini adalah mengenai model pembelajaran generatif. Seperti apakah model pembelajaran yang satu ini? Untuk mendapatkan jawaban tentangnya maka ada baiknya anda membaca ulasan yang saya sajikan berikut dengan seksama.

Secara umum model pembelajaran generatif dapat kita sebuah sebagai sebuah model pembelajaran yang mengawinkan atau mengintegrasikan pengetahuan lama yang telah dimiliki oleh para peserta didik pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan oleh tenaga pendidik di kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Cara semacam ini dinilai efektif karena kegiatan pembelajaran dapat berjalan konsisten dan berkesinambungan sehingga pemahaman yang dimiliki oleh para peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran pun akan semakin baik.

Model pembelajaran semacam ini terdiri dari empat tahapan utama. Yakni saya jabarkan lebih lengkap sebagai berikut.
  1. Pertama adalah tahap pendahuluan atau disebut juga tahap eksplorasi. Pada tahap awal ini tenaga pendidik melakukan eksplorasi dengan tujuan untuk mengetahui apa saja yang telah didapatkan oleh para peserta didik di kegiatan pembelajaran sebelumnya.
  2. Tahap memfokuskan. Pada tahap ini seorang tenang pendidik lebih ditekankan untuk menjadi seorang komunikator dan fasilitator yang dengannya mengarahkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Tahap tantangan atau pengenalan konsep. Pada tahapan ini para peserta didik diarahkan untuk lebih berani dalam mengungkapkan ide dan gagasan yang dimilikinya dalam bentuk diskusi kelas.
  4. Terakhir adalah tahap penerapan konsep. Setelah para peserta didik berdiskusi kelas maka selanjutnya adalah menerapkan hasil diskusi tersebut sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata.
Nah itu tadi beberapa hal menarik tentang model pembelajaran generatif yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian. Semoga dengannya dapat memberikan banyak tambahan wawasan untuk anda. Sampai jumpa pada ulasan menarik di perjumpaan kita yang selanjutnya.

Minggu, 24 Agustus 2014

Contoh Bab I Makalah Pembelajaran Inovatif

Berikut ini saya akan memberikan contoh tentang bab I makalah pembelajaran inovatif.

A. Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang besar. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah yang membentang dari aceh hingga papua. Dengan kekayaan alam yang sangat banyak yang menopang sendi-sendi kehidupan masyarakatnya. Melihat hal tersebut harusnya negara ini mampu menjadi sebuah negara yang terbesar di dunia. Namun, nyatanya saat ini justru masih terpuruk dan tertinggal. Bukan hanya dalam lingkup dunia saja, bahkan dalam lingkup regional asia pun Indonesia masih sangat tertinggal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebab utamanya adalah karena kurangnya kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh Indonesia.

Membicarakan tentang masalah SDM. Maka sebenarnya negara ini memiliki kuantitas yang sangat besar untuk menjadi negara mampu. Hanya saja diperlukan sebuah usaha keras untuk menjadikan jumlah penduduk terbanyak nomor empat di dunia itu menjadi tenaga kerja yang andal dan professional sehingga bisa membangun negeri. Salah satu caranya adalah dengan segera membuat sebuah model pembelajaran yang inovatif.

Mengapa model pembelajaran inovatif ini diperlukan? Hal tersebut berlatarbelakang dari kehidupan masyarakat kita selama ini. Dapat kita ketahui bersama bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi pola pikir yang dimiliki oleh masyarakat dan juga hal lain yang berhubungan dengan tata kehidupannya. Sehingga dengan adanya pendidikan yang baik dan efektif maka hal tersebut akan berpeluang besar untuk memperbaiki tatanan kehidupan bangsa ini. Nah di sini model pembelajaran inovatif memiliki fungsi dalam mengembangkan pendidikan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas bangsa.

A. rumusan masalah.
Rumusan masalah yang diangkat pada makalah ini antara lain adalah.
1. Bagaimanakah keadaan pendidikan di Indonesia saat ini?
2. Bagaimanakah kriteria model pembelajaran inovatif?
3. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran inovatif?
B. Tujuan 
1. Memahami keadaan pendidikan di Indonesia;
2. memahami kriteria model pembelajaran inovatif; dan
3. mengetahui upaya mengembangkan model pembelajaran inovatif.

Demikianlah yang dapat saya berikan kepada anda sekalian mengenai contoh bab I makalah pembelajaran inovatif di atas. Semoga contoh di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda sekalian. Sampai jumpa di ulasan menarik yang selanjutnya!

Model Pembelajaran Demonstrasi

Model Pembelajaran Demonstrasi - Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik di sekolah terus digalakkan. Salah satu buktinya adalah dengan semakin banyaknya model pembelajaran yang dipilih oleh tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Model pembelajaran tersebut antara lain adalah model pembelajaran kooperatif, paikem, demonstrasi dan lain sebagainya.  Satu di antara model – model tersebut  yang akan kita kupas pada ulasan yang menarik ini adalah tentang model pembelajaran demonstrasi. Seperti apakah model pembelajaran yang satu ini? Apakah kelebihan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan model pembelajaran menarik yang lainnya? Sebaiknya anda menyisakan waktu luang yang anda miliki demi untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama karena saya akan menghadirkan banyak hal menarik kepada anda di sini. Selamat membaca.

Hal pertama yang akan kita bahas pada ulasan ini adalah tentang pengertian dari pembelajaran demonstrasi. Model pembelajaran demonstrasi merupakan sebuah model pembelajaran inovatif yakni seorang tenaga pendidik memberikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya melalui peragaan langsung sehingga dapat dilihat oleh para peserta didik. Semisal contohnya adalah ketika tenaga pendidik menjelaskan mengenai cara kerja sesuatu hal, maka di situ tenaga pendidik tidak hanya menjelaskan saja tetapi juga memeragakan cara kerja tersebut menggunakan media pembelajaran yang digunakan sebagai alat peraga.

Model pembelajaran demonstrasi yang semacam ini memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah dengan adanya peragaan, maka pelajaran-pelajaran tertentu yang bersifat abstrak dapat menjadi lebih konkrit. Semisal pada pembelajaran matematika yang membutuhkan alat peraga agar para peserta didik lebih memahami. Kedua, dengan adanya peragaan tersebut akan membuat para peserta didik menjadi lebih fokus ketika dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan terasa lebih mudah bagi tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran.

Ketiga, kegiatan pembelajaran yang semacam ini sangat menarik dan menghidupkan suasana pembelajaran yang semula terasa kaku sehingga dengannya akan menumbuhkan minat para peserta didik untuk lebih giat dalam belajar. Dan terakhir dengan semakin tingginya tingkat ketertarikan peserta didik maka hal tersebut dapat memancing mereka untuk aktif dalam melakukan banyak hal termasuk upaya inovasi dan peningkatan daya pikir kreatif.

Demikian yang dapat saya sajikan kepada anda kali ini. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat bagi anda.

Sabtu, 23 Agustus 2014

Definisi Perencanaan Pembelajaran

Definisi Perencanaan Pembelajaran - Pada kesempatan yang menarik ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan sebuah perbincangan yang menarik mengenai kegiatan pembelajaran. Khususnya mengenai perencanaan pembelajaran. Apa sih yang disebut dengan perencanaan pembelajaran ini dan apa pula pentingnya dalam sebuah kegiatan pembelajaran? Sebaiknya anda menyisakan waktu luang yang anda miliki untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama karena saya akan mengulas banyak hal menarik tentangnya di sini. Selamat membaca.

Apa itu perencanaan pembelajaran? Perencanaan pembelajaran adalah sebuah kegiatan merencanakan pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik sebelum memberikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Perencanaan pembelajaran ini memiliki beberapa peranan penting dalam keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran. Di antaranya beberapa peranan penting tersebut antara lain akan saya uraikan pada ulasan berikut.

  1. Sebagai dasar dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Ketika menyusun sebuah rencana kegiatan pembelajaran maka tenaga pendidik akan menyiapkan banyak hal mulai dari strategi pembelajaran yang akan digunakan, materi pembelajaran yang akan diberikan dan lain sebagainya. Dengan adanya perencanaan yang semacam ini maka kegiatan pembelajaran akan dapat diketahui keefektifannya jika digunakan nanti.
  2. Sebagai alur dari kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Dengan adanya rencana kegiatan pembelajaran yang matang maka tenaga pendidik akan lebih mudah saat memberikan pembelajaran kepada para peserta didiknya. Hal tersebut karena segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran telah tersusun dan terencana dengan jelas dan sistematis.
  3. Sebagai bahan evaluasi. Sebuah kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung diperlukan sebuah evaluasi atau koreksi di akhir kegiatan pembelajaran. Hal ini akan dapat diketahui dengan udah jika seorang tenaga pendidik telah memiliki perencanaan pembelajaran yang jelas.
  4. Sebagai langkah untuk menentukan kegiatan pembelajaran di tahun ajaran yang akan datang. Setelah melakukan evaluasi maka seorang tenaga pendidik akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan. Sehingga dengan hal tersebut tentunya akan dapat diperbaiki pada perencanaan pembelajaran untuk tahun ajaran yang selanjutnya. Dan karenanya kegiatan pembelajaran pun akan semakin berkembang.

Demikian tadi beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai perencanaan pembelajaran di atas. Semoga dengannya beberapa ulasan yang saya sajikan tentangnya dapat memberikan banyak manfaat untuk anda sekalian. Sampai jumpa di pertemuan menarik yang berikutnya!

Kamis, 21 Agustus 2014

Strategi Pembelajaran Bahasa

Pembelajaran bahasa merupakan pembelajaran yang terbilang sulit. Hal tersebut karena pembelajaran bahasa menuntut seorang peserta didik memiliki empat keterampilan yakni menyimak, berbicara, membaca serta keterampilan menulis. Sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang baik dan khusus.

Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca. di antaranya beberapa strategi yang saya maksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Strategi pembelajaran diskusi. Salah satu hal yang penting dalam pembelajaran bahasa adalah kemampuan berbicara yang baik. Dengan menggunakan strategi pembelajaran diskusi ini maka para peserta didik akan belajar untuk aktif dalam berbicara dengan peserta didik lain dalam  kelompok kecil pada kegiatan diskusi yang mereka lakukan. Dengan cara seperti ini maka para peserta didik akan lebih mudah mendapatkan keterampilan berbicara yang baik.
  2. Strategi pembelajaran berbasis multimedia. Strategi pembelajaran ini sangat baik digunakan pada peserta didik untuk melatih kemampuan reseptif mereka terutama dalam hal menyimak. Misalkan saja pada pembelajaran bahasa asing, seorang tenaga pendidik memberikan tugas untuk menyimak lagu maupun video. Dengan hal ini dilakukan dalam waktu yang sering maka kemampuan menyimak para peserta didik pun akan semakin baik. Selain itu strategi pembelajaran ini juga menarik sehingga para peserta didik semangat dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Strategi karya wisata atau study tour. Strategi yang satu ini sangat pas digunakan untuk menguji sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh para peserta didik. Strategi semacam ini selain akan membuat mereka belajar menuturkan bahasa secara langsung, juga akan melatih mental yang mereka miliki. Misalnya saja dengan memberikan tugas untuk melakukan wawancara kepada orang yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan.
  4. Menulis merupakan salah satu komponen yang tak kalah penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa. Nah, strategi yang tepat untuk melatih ketrampilan yang satu ini adalah strategi resitasi. para peserta didik diberikan tugas untuk menuliskan kembali apa yang telah mereka dapatkan selama kegiatan pembelajaran. Baik dengan cara meringkas maupun dengan cara merangkum.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya bagikan kepada anda pada ulasan kali ini. Semoga dengannya beberapa ulasan yang saya sampaikan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya bagi anda. Sampai jumpa di pertemuan yang selanjutnya.

Pembelajaran Quantum (Kuantum)

Pembelajaran Quantum - Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting untuk diperhatikan. terutama hal ini karena kegiatan pembelajaran sangat memiliki pengaruh yang besar terkait dengan perkembangan yang dimiliki oleh para peserta didik di masa depan. Karena itu banyak pemerhati pendidikan yang akhirnya berlomba-lomba untuk menciptakan model pembelajaran yang paling sesuai untuk dikembangkan. Salah satu di antaranya yang begitu menarik adalah tentang model pembelajaran kuantum atau quantum learning. Apa sih yang dimaksud dengan pembelajaran kuantum ini? Dan apa juga keunikannya sehingga dikatakan memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya? Simak ulasan berikut ini dengan seksama untuk mendapatkan beragam informasi menarik yang saya sajikan tentangnya. Selamat membaca!

Hal pertama yang akan kita bahas pada ulasan kali ini adalah mengenai definisi atau arti dari pembelajaran kuantum itu sendiri. Pembelajaran model kuantum ini secara garis besar dapat kita artikan sebagai sebuah upaya mengorkestrasikan interaksi antara tenaga pendidik dan para peserta didik menjadi cahaya yang mampu membuat para peserta didik berprestasi. Model pembelajaran ini sendiri merupakan sebuah model pembelajaran yang diadopsi dari model pembelajaran quantum learning yang telah terbukti mampu membuat para peserta didik lebih aktif dan berprestasi.

Ciri utama yang dititikberatkan pada pembelajaran ini adalah bahwa setiap tenaga pendidik yang ingin mengajarkan sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran maka diharuskan untuk mengenali dunia peserta didik. Dalam artian tenaga pendidik menggunakan pendekatan personal kepada peserta didik agar bisa masuk dalam kehidupan atau dunia peserta didik. Dengan hal ini akan sangat baik untuk mengembangkan interaksi yang terjadi antara tenaga pendidik dan peseta didiknya.

Hal lain yang menjadi keunikan dari model pembelajaran kuantum ini adalah dengan terdapatnya prinsip-prinsip utama dalam kegiatan pembelajaran seperti segalanya berbicara, segalanya bertujuan, akui setiap usaha, pengalaman sebelum pemberian nama dan jika layak dipelajari maka layak pula dirayakan. Dengan adanya prinsip yang semacam ini maka pengembangan situasi dan kondisi kelas yang efektif pun akan mudah didapatkan hingga akhirnya pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan bagi peserta didik maupun tenaga pendidik.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan untuk anda. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya. Sampai jumpa di ulasan menarik pada perjumpaan di lain waktu!