- Buku teks. Buku teks yang berisi materi pembelajaran merupakan media pembelajaran yang telah lama dipergunakan dan hingga saat ini masih tetap digunakan. Ini karena media pembelajaran yang satu ini dinilai efektif dalam memberikan pembelajaran bagi para peserta didik. Fungsi utama dari media pembelajaran yang satu ini adalah sebagai pedoman atau acuan belajar baik bagi para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi maupun bagi para peserta didik yang menerima materi pelajaran. Selain itu dengan adanya media pembelajaran buku teks tersebut, seorang peserta didik dapat belajar meski tidak didampingi oleh seorang tenaga pendidik.
- Radio dan televisi. Radio merupakan salah satu media pembelajaran audio yang akan sangat membantu bagi para peserta didik yang bertipe audio atau yang lebih senang mendengarkan. Di dalam radio terdapat banyak siaran yang mengandung informasi penting yang dapat dijadikan sebagai sebuah media pembelajaran. Sedangkan televisi merupakan salah satu contoh dari media audio visual. Media ini sangat baik digunakan untuk menyampaikan sebuah pembelajaran bagi para peserta didik karena di dalamnya peserta didik dapat melihat dan juga mendengarkan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran yang dimaksud oleh tenaga pendidiknya.
- Internet. Ini merupakan sebuah media pembelajaran terbaru yang hingga saat ini dapat kita nyatakan sebagai media pembelajaran yang paling lengkap. Namun demikian media ini dapat menjadi sebuah media yang sangat berbahaya untuk para peserta didik jika penggunaan media ini tidak dalam pengawasan yang tepat. Ini karena di dalam internet saat ini terdapat banyak sekali hal negatif khususnya yang berkaitan dengan pornografi.
Kamis, 05 Juni 2014
Macam Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang digunakan oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didiknya. Saat ini media pembelajaran yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik tersebut sangatlah beragam seiring dengan perkembangan yang terjadi di dunia. Beberapa media pembelajaran yang baik untuk digunakan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
Rabu, 04 Juni 2014
Mengenal Pembelajaran ICT
Saat ini dunia telah semakin berkembang. Khususnya jika kita melihat tentang perkembangan teknologi yang terjadi di dunia saat ini sudah semakin tak terkendali. Hal ini tentu menimbulkan berbagai macam fenomena baru yang terus terjadi. Seperti salah satunya adalah fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan. Dari sekian banyak fenomena yang terjadi maka satu di antaranya yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini adalah tentang fenomena pembelajaran ICT. Apakah itu pembelajaran ICT? Sebagian dari anda mungkin masih merasa asing dengan pembelajaran yang satu ini. Karenanya beberapa ulasan di bawah ini sangat menarik untuk anda baca karena beragam informasi menariknya akan saya sajikan. Sebagai berikut.
Pembelajaran ICT merupakan sebuah terobosan pembelajaran yang terbaru. Pembelajaran ini memanfaatkan media teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran atau dalam kata lain pembelajaran ICT ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berbasis Komputer. Pembelajaran ini merupakan sebuah pembelajaran yang terbilang baru untuk Indonesia, dan jika kita kaji lebih mendalam pembelajaran ICT ini memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan jika diterapkan pada peserta didik. Di antaranya adalah seperti di bawah ini.
Pembelajaran ICT merupakan sebuah terobosan pembelajaran yang terbaru. Pembelajaran ini memanfaatkan media teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran atau dalam kata lain pembelajaran ICT ini merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berbasis Komputer. Pembelajaran ini merupakan sebuah pembelajaran yang terbilang baru untuk Indonesia, dan jika kita kaji lebih mendalam pembelajaran ICT ini memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan jika diterapkan pada peserta didik. Di antaranya adalah seperti di bawah ini.
- Kelebihan pembelajaran ICT. Pembelajaran ICT ini merupakan sebuah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Komputer memiliki kelebihan diataranya adalah karena menggunakan teknologi Komputer maka kegiatan pembelajaran yang berlangsung pun akan menarik bagi para peserta didik, Komputer dapat memberikan gambaran yang lebih nyata bagi para peserta didik terkait materi pelajaran abstrak yang disampaikan oleh tenaga pendidik atau dengan kata lain media pembelajaran Komputer dapat lebih memudahkan pemahaman para peserta didik. Dan juga kelebihan-kelebihan yang lainnya.
- Kekurangan pembelajaran ICT. Selain kelebihan, kegiatan pembelajaran ini juga memiliki berbagai macam kelemahan, seperti, pemilihan jenis software yang digunakan dalam pembelajaran harus benar-benar diperhatikan, kesuksesan dari kegiatan pembelajaran berbasis Komputer ini sangat bergantung pada kemampuan para tenaga pendidik dan juga peserta didik dalam menggunakan perangkat Komputer, terlebih saat ini yang kita tahu tingkat pemahaman Komputer bagi peserta didik dan tenaga pendidik saat ini berbeda-beda.
Selasa, 03 Juni 2014
Model Inkuiri sebagai Model Pembelajaran Sains
Pembelajaran sains atau ilmu pengetahuan alam merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan alam. Pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan kepekaan dan juga perhatian bagi para peserta didik untuk dapat mengenali secara lebih mendalam tentang lingkungan alam. Melalui pembelajaran sains ini diharapkan seiring dengan bertambahnya pemahaman tentang lingkungan alam maka diharapkan di masa depan lahir generasi yang memiliki kepedulian untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera tanpa melupakan kelestarian alam. Untuk mewujudkan pembelajaran sains yang baik dalam mencapai tujuan pembelajaran di atas maka diperlukan sebuah model pembelajaran yang baik untuk diterapkan kepada para peserta didik. Salah satunya adalah yang akan kita bahas pada ulasan berikut ini yang berkaitan dengan Model Inkuiri sebagai model pembelajaran sains. Sebagai berikut.
Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan model pembelajaran Inkuiri ini, karenanya pada ulasan berikut saya akan menjelaskan tentangnya kepada anda terlebih dahulu. Model pembelajaran Inkuiri ini merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada proses yang dilakukan oleh para peserta didik dalam melakukan penyelidikan dan melakukan analisis terkait dengan fenomena yang tidak biasa. Nah dalam hal ini kita kerucutkan pada fenomena tidak biasa yang terjadi pada lingkungan alam yang dikaji dalam mata pelajaran sains ini.
Contoh model pembelajaran ini pada mata pelajaran sains adalah seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didiknya untuk bersama-sama melakukan penyelidikan tentang sebuah hal yang sebelumnya belum diketahui jawaban dari kejadian atau pertanyaan tersebut. Atau dengan kata lain tugas yang diberikan tersebut akan dapat terjawab setelah para peserta didik melakukan serangkaian proses yang berkaitan dengan penelitian dan penyelidikan yang kemudian mereka disuruh untuk melakukan analisis, atau pengkajian terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh selama kegiatan tersebut dilakukan. Dengan model pembelajaran yang semacam ini maka para peserta didik akan lebih termotivasi untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang alam dan akan berlomba-lomba melakukan penyelidikan dan pengembangan terkait dengan materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang model pembelajaran inkuiri ini. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya.
Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan model pembelajaran Inkuiri ini, karenanya pada ulasan berikut saya akan menjelaskan tentangnya kepada anda terlebih dahulu. Model pembelajaran Inkuiri ini merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada proses yang dilakukan oleh para peserta didik dalam melakukan penyelidikan dan melakukan analisis terkait dengan fenomena yang tidak biasa. Nah dalam hal ini kita kerucutkan pada fenomena tidak biasa yang terjadi pada lingkungan alam yang dikaji dalam mata pelajaran sains ini.
Contoh model pembelajaran ini pada mata pelajaran sains adalah seorang tenaga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didiknya untuk bersama-sama melakukan penyelidikan tentang sebuah hal yang sebelumnya belum diketahui jawaban dari kejadian atau pertanyaan tersebut. Atau dengan kata lain tugas yang diberikan tersebut akan dapat terjawab setelah para peserta didik melakukan serangkaian proses yang berkaitan dengan penelitian dan penyelidikan yang kemudian mereka disuruh untuk melakukan analisis, atau pengkajian terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh selama kegiatan tersebut dilakukan. Dengan model pembelajaran yang semacam ini maka para peserta didik akan lebih termotivasi untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang alam dan akan berlomba-lomba melakukan penyelidikan dan pengembangan terkait dengan materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
Dan itulah beberapa ulasan yang dapat saya berikan kepada anda tentang model pembelajaran inkuiri ini. Semoga beberapa ulasan di atas dapat memberikan banyak manfaatnya.
Senin, 02 Juni 2014
Metode Pembelajaran SD
Metode Pembelajaran SD - Untuk menciptakan sebuah kegiatan pembelajaran yang baik bagi para peserta didik maka seorang tenaga pendidik harus memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah dengan memperhatikan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan bagi para peserta didiknya. Pada ulasan berikut ini saya akan mencoba mengulas tentangnya, khususnya menyangkut metode pembelajaran yang baik untuk diterapkan di SD atau Sekolah Dasar. Karena itulah simak ulasan selengkapnya di bawah ini dengan seksama agar berbagai informasi yang saya sajikan dapat anda pahami.
- Metode pembelajaran untuk anak sekolah dasar yang pertama adalah metode pembelajaran konvensional atau yang sering kali kita sebut sebagai metode pembelajaran ceramah. Ciri utama dari metode pembelajaran ini adalah seorang tenaga pendidik menjadi pusat dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Hal tersebut karena pada metode pembelajaran ini seorang tenaga pendidik menyampaikan informasi terkait materi pembelajaran secara langsung. Metode ini baik untuk diterapkan bagi para peserta didik di sekolah dasar sebagai sebuah landasan atau materi dasar sebelum mereka menempuh jenjang pendidikan di tingkat yang selanjutnya.
- Metode Diskusi. Untuk memancing reaksi sosial dari para peserta didik di tingkat sekolah dasar maka seorang tenaga pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran yang satu ini. Dengan mengadakan kegiatan diskusi maka sesama peserta didik akan saling berinteraksi satu sama lain dan peran tenaga pendidik di sini adalah sebagai pengondisi agar pembelajaran dalam bentuk diskusi dapat berjalan dengan baik.
- Metode Demonstrasi. Ada kalanya materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidik kurang dapat dipahami dengan baik oleh para peserta didiknya. Sehingga hal ini memerlukan peragaan secara audio visual oleh tenaga pendidik menggunakan media pembelajaran yang diharapkan akan dapat membantu para peserta didik dalam memahami pelajaran. Contoh kasus penerapan metode ini adalah saat seorang tenaga pendidik sekolah dasar menyampaikan materi tentang proses terjadinya sebuah hal pada peserta didiknya.
- Metode tugas. Seorang tenaga pendidik sekolah dasar harus sering kali memberikan tugas kepada para peserta didiknya agar mereka sering berlatih dan untuk mengukur kemampuan masing-masing peserta didik.
Minggu, 01 Juni 2014
Jenis-jenis Perangkat Pembelajaran
Perangkat pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran, perangkat pembelajaran ini memegang peran penting dalam kelancaran kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Nah karena itulah maka di sini saya akan memberitahukan kepada anda tentang jenis perangkat pembelajaran tersebut. Sebagai berikut.
- Rencana Pelaksanaan pembelajaran atau biasa disebut dengan RPP merupakan perangkat pembelajaran yang pertama harus dikuasai oleh seorang tenaga pendidik. Perencanaan pembelajaran merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang berkualitas. Dengan perencanaan pembelajaran yang baik maka kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung dapat terjadi dengan lebih terarah. Sehingga akan memudahkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
- Buku. Tak bisa untuk kita pungkiri lagi bahwa buku merupakan perangkat pembelajaran yang sangat penting bagi kita semua. Buku ini dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman tertulis bagi para tenaga pendidik maupun bagi para peserta didik selama dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga karena di dalam buku terdapat banyak informasi mengenai ilmu pengetahuan tertentu maka akan sangat baik jika setiap peserta didik diarahkan untuk gemar membaca perangkat pembelajaran yang satu ini.
- Lembar kerja siswa atau yang biasa dikenal secara luas dengan sebutan LKS. LKS sangat penting untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Dalam fungsinya LKS ini dapat disandingkan atau dipasangkan dengan buku. Tujuannya adalah setelah para peserta didik mendapatkan materi pembelajaran dari buku dan dari tenaga pendidik maka melalui LKS ini dapat digunakan sebagai media berlatih. Sehingga materi pembelajaran yang disampaikan pun dapat diterima dengan baik oleh para peserta didik.
- Selain hal di atas maka yang selanjutnya adalah evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ini sangat diperlukan guna meningkatkan mutu dari kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Evaluasi pembelajaran ini memudahkan bagi para tenaga pendidik untuk mengetahui kelemahan dari kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung sehingga mereka dapat memperbaikinya pada kegiatan pembelajaran yang akan datang. Evaluasi pembelajaran ini juga sangat penting dalam penyusunan RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan datang.
Peranan Guru dalam Dunia Pendidikan

Berikut ada beberapa ciri mengenai kesuksesan seseorang dalam menjadi seorang guru
Memiliki pandangan bahwa pekerjaan untuk mengajar merupakan sesuatu yang menarik juga menantang.
Guru dikatakan gagal jika memiliki pandangan bahwa suatu pekerjaan mengajar merupakan pekerjaan yang tidak menarik, sehingga akan memiliki dampak bahwa guru akan kehilangan tanggung jawabnya dalam memberikan pendidikan yang semestinya. Seorang guru harus sadar bahwa kegiatan mengajar merupakan pekerjaan mulia dan butuh tanggung jawab pribadi agar hasil yang diharapkan tercapai.
Menganggap bahwa setiap permasalahan yang ada merupakan tantangan dalam dunia pendidikan
Seorang guru tidak diharapkan menyerah pada masalah – masalah yang akan muncul. Sebaiknya para guru menganggap suatu masalah yang ada bukan sebagai beban berat, melainkan sebagai sebuah tantangan yang harus segera ditaklukkan dalam proses pendidikan.
Sabar dan tidak pilih kasih
Guru yang sukses tidak boleh menolak melayani siswa yang mengalami hambatan dalam proses belajar. Sebaiknya guru memberikan dukungan dan motivasi bagi siswa sehingga siswa akan merasa terlindungi dan guru pun akan nyaman dalam menjalankan proses belajar mengajar.
Menerima segala kekurangan dan kelebihan para siswa.
Seorang Guru harus bisa menyadari kemampuan yang dimiliki oleh peserta didiknya sehingga metode pengajaran bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada..
Siswa merupakan Individu mandiri yang sedang belajar.
Diharapkan para guru akan menghargai setiap siswa sebagai individu mandiri yang sedang belajar dan bukan suatu beban, karena siswa tersebut memerlukan arahan dan bimbingan yang benar sebagai landasan kehidupan bersosial dan bernegara nantinya.
Meningkatkan Citra yang hangat dan ramah di mata para
Meskipun kegiatan belajar mengajar akan menuai banyak rasa baik suka maupun duka, namun sangat penting membangun citra yang hangat dan ramah dimata para siswa, sehingga para siswa akan lebih memahami proses belajar mengajar dengan lebih baik.
Pengertian Membaca
Pengertian membaca dalam kesatuan bahasa Indonesia ialah memahami dan melihat isi dari tulisan yang sudah tertulis, dengan cara melafalkan dari hati atau berbicara, dan mengeja serta melafalkan apa yang telah diduga, diramalkan dan mengucapkan. Arti lain dari membaca adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dengan cara melihat sesuatu yang ditulis.
Membaca bukan hanya sekedar melihat saja, namun juga harus dapat memahami konteks dari apa yang dilihat. Misalnya saja sedang membaca satu buah buku yang didalamnya terdapat cerita rakyat. Maka baca dari atas dengan teratur perkata kemudian pahami maksud dari apa yang diceritakan. Ada banyak pengertian yang didefinisikan oleh para pakar atau ahli, semua penjelasan tersebut merupakan suatu hal yang sama, namun dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
Pengertian membaca yang telah dijelaskan oleh para ahli, dikatakan membaca menurut Lilis S dan Kholid A.H adalah membunyikan dan mengemukakan beberapa lambang tulisan yang dilihat dengan huruf menjadi kata dan berubah menjadi frasa, selanjutnya berupa kalimat, dan keseluruhan berupa paragraph. Sedangkan Samsu somadayo mengatakan arti dari membaca ialah suatu macam kegiatan interaktif untuk dapat memahami arti dari kandungan bahan yang tertulis. Miles A tingker dan Contasc mengatakan membaca itu melibatkan sebuah proses mengingat dan identifikasi dari suatu bacaan yang telah disajikan dengan tujuan sebagai rangsangan untuk menjadikannya sebuah pengalaman dan membuat pengertian baru dari beberapa konsep yang sama atau relevan.
Pengertian dalam membaca selanjutnya diungkapkan oleh Tampubolon, membaca merupakan suatu cara yang bertujuan untuk membina daya nalar yang dimulai dengan terbiasanya membaca. Jika seseorang telah kebiasaan membaca maka daya nalar yang dialaminya akan lebih terbina, dan dapat membaca hanya dengan menggerakkan mata, jadi tidak perlu lagi bantuan telunjuk atau pointer sebagai alat bantu untuk mengarahkan tulisan. Pengertian selanjutnya dijelaskan oleh hodgson, membaca ialah suatu proses yang dipergunakan dan dilakukan oleh seorang pembaca dengan tujuan memperoleh pesan yang ingin disampaikan oleh seorang penulis melalui bahasa tulis ataupun media kata.
Pengertian membaca yang bermacam-macam pendapat tersebut merupakan suatu penjabaran yang diungkapkan dengan berbagai versi tentang membaca. Pada intinya, membaca merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan untuk dapat melihat apa saja yang disampaikan dengan tulisan ataupun simbol.
Membaca bukan hanya sekedar melihat saja, namun juga harus dapat memahami konteks dari apa yang dilihat. Misalnya saja sedang membaca satu buah buku yang didalamnya terdapat cerita rakyat. Maka baca dari atas dengan teratur perkata kemudian pahami maksud dari apa yang diceritakan. Ada banyak pengertian yang didefinisikan oleh para pakar atau ahli, semua penjelasan tersebut merupakan suatu hal yang sama, namun dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
Pengertian membaca yang telah dijelaskan oleh para ahli, dikatakan membaca menurut Lilis S dan Kholid A.H adalah membunyikan dan mengemukakan beberapa lambang tulisan yang dilihat dengan huruf menjadi kata dan berubah menjadi frasa, selanjutnya berupa kalimat, dan keseluruhan berupa paragraph. Sedangkan Samsu somadayo mengatakan arti dari membaca ialah suatu macam kegiatan interaktif untuk dapat memahami arti dari kandungan bahan yang tertulis. Miles A tingker dan Contasc mengatakan membaca itu melibatkan sebuah proses mengingat dan identifikasi dari suatu bacaan yang telah disajikan dengan tujuan sebagai rangsangan untuk menjadikannya sebuah pengalaman dan membuat pengertian baru dari beberapa konsep yang sama atau relevan.
Pengertian dalam membaca selanjutnya diungkapkan oleh Tampubolon, membaca merupakan suatu cara yang bertujuan untuk membina daya nalar yang dimulai dengan terbiasanya membaca. Jika seseorang telah kebiasaan membaca maka daya nalar yang dialaminya akan lebih terbina, dan dapat membaca hanya dengan menggerakkan mata, jadi tidak perlu lagi bantuan telunjuk atau pointer sebagai alat bantu untuk mengarahkan tulisan. Pengertian selanjutnya dijelaskan oleh hodgson, membaca ialah suatu proses yang dipergunakan dan dilakukan oleh seorang pembaca dengan tujuan memperoleh pesan yang ingin disampaikan oleh seorang penulis melalui bahasa tulis ataupun media kata.
Pengertian membaca yang bermacam-macam pendapat tersebut merupakan suatu penjabaran yang diungkapkan dengan berbagai versi tentang membaca. Pada intinya, membaca merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan untuk dapat melihat apa saja yang disampaikan dengan tulisan ataupun simbol.
Langganan:
Postingan (Atom)