Senin, 23 Maret 2015

Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas ialah berenang dimana posisi dada menghadap ke permukaan air. Karakteristik renang gaya bebas ialah posisi badan yang berada dalam satu garis lurus dan ketika gerakan pemulihan gerakan kedua tangan di atas permukaan air. Renang gaya bebas merupakan salah satu gaya renang tercepat, mudah dipelajari dan efisien. 

Teknik renang gaya bebas :
1. Posisi badan
Pada saat berenang menggunakan gaya bebas posisi badan harus telungkup denagn sikap tubuh dan streamline (mendatar). Keadaan badan harus rileks. Usahakan posisi kepala, punggung dan tungkai dapat sedatar mungkin dengan permukaan air. Dahi, bahu, tumit dan pantat pada posisi rata-rata air. Posisi badan yang mendatar dan lurus berguna untuk memperkecil hambatan ketika berenang.

2. Gerakan Kaki
Pada saat berenang kaki terus bergerak sehingga menghasilkan gaya dorong yang tidak terputus pada saat berenang.
Berikut langkah-langkah gerakan kaki untuk melakukan renang gaya bebas dengan baik :
a. Punggung telapak kaki ditegangkan dan lurus ke belakang
b. Gerakan pukulan diawali dari pengkal paha, kemudian tungkai bawah dan diakhiri dengan gerakan lecutan oleh pergelangan kaki
c. Usahakan agar lutut dan pergelangan kaki tetap rileks sehingga menambah kefektifan pukulan pada air
d. Gerakan kaki pada ke atas tidak boleh melebihi permukaan air
e. Gerakan kaki dilakukan dengan dua kali pukulan kaki dan dua kali tarikan tangan.

3. Gerakan Tangan
Ketika lengan masuk ke dalam air, maka ibu jari masuk terlebih dahulu disusul dengan pergelangan tangan dan lengan atas. Posisi tangan pada saat memasuki air berada di depan bahu dengan siku dibengkokkan ke bawah dan ke depan, pergelangan tangan ditekuk sedikit dan jari-jari rapat. Selanjutnya menarik tangan ke arah pusar dengan cara menekuk siku ke depan dada kemudian dorong tangan ke belakang dan siku mendekat ke badan hingga lengan lurus di samping badan. Kemudian melakukan gerakan mengayun ke luar permukaan air menggunakan jari-jari yang dikeluarkan terlebih dahulu.

4. Pengambilan nafas
Pengambilan nafas pada renang gaya bebas dilakukan dengan memalingkan kepala ke samping kanan atau samping kiri. Pengambilan renang gaya bebas dilakukan menggunakan mulut yaitu pada saat kepala miring ke samping dan dikeluarkan pada saat menghadap air. Gerakan pengambilan nafas ini dilakukan bersamaan dengan akhir gerakan tangan.

5. Koordinasi gerakan
Gerakan koordinasi merupakan seluruh rangkaian gerakan renang yang dilakukan secara berurutan dan terus-menerus. Koordinasi gerakan dimulai dari lengan masuk, kaki kanan ke atas, lengan kiri masuk, kaki kiri ke atas. Atau dapat juga dikatakan bahwa koordinasi gerakan adalah seluruh rangkaian gerakan renang yang dilakukan secara berurutan dan berkesinambungan.
Demikianlah sedikit informasi tetang renang gaya bebas, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar